Suasana Peringatan HUT TNI ke 78 di Ciamis

Keterangan : Dandim 0613 Ciamis Pimpin Upacara HUT TNI ke 78

Buletin Indonesia News – CIAMIS, Jabar — Suasana hidmat upacara peringatan HUT TNI ke-78 berlangsung di halaman Pendopo Ciamis, Kamis (05/10/23), yang digelar Komando Distrik Militer 0613/Ciamis.

Dalam upacara ini, Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol. bertindak sebagai inspektur upacara, dan dihadiri ratusan personel gabungan TNI-Polri serta Instansi/Lembaga terkait di Pemerintahan Kabupaten Ciamis serta Kota Banjar.

Bacaan Lainnya

Upacara ini turut dihadiri oleh dua Kepala Daerah wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis. Tampak, Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya, Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo SH., S.I.K., M.M., Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana, Ketua DPRD Kota Banjar Dadang R Kalyubi, Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Dra Hj Soimah SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Banjar Irwan Setiawan Wahyuhadi dan unsur Forkopimda serta Veteran Pejuang Kemerdekaan RI.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, tujuan di adakan nya upacara ini yaitu untuk mengingat kepada seluruh masyarakat Indonesia, bahwa TNI di Indonesia masih ada dan tetap kokoh bersama Rakyat.

“TNI sebagai benteng pertahanan negara garda terdepan, karna TNI akan kuat dan berdiri kokoh bersama Rakyat,” ucap Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Komandan Kodim 0613/Ciamis turut membacakan amanat Panglima TNI. TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

“Di lingkup nasional, beragam potensi ancaman juga semakin kompleks. Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh,” ucap Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi membacakan amanat Panglima TNI.

Para peserta upacara yang saya hormati,
Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Foto : Suasana Peringatan HUT TNI ke-78 di Halaman Pendopo Ciamis

Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah: yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

“Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,” tuturnya. (Reporter : Fery)

Pos terkait