TMMD ke-118 Kodim 0613/Ciamis Ditutup, Kapok Sahli Pangdam III/SLW : Luar Biasa

Buletiniondonesianews.com,

CIAMIS – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Tahun 2023 Kodim 0613/Ciamis resmi ditutup. Penutupan ini dilaksanakan di Lapang Desa Kadupandak, Dusun Karangsari, Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (19/10/2023).

Penutupan Program TMMD ke-119 Kodim 0613/Ciamis secara resmi ditutup oleh Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kuat Budiman S.I.P., dengan penyerahan berita acara kepada Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra. Penutupan acara ini dihadiri oleh Komandan Korem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M., dan para Dandim jajaran Korem 062/Tarumanagara.

Saat upacara penutupan, Komandan Kodim 0613/Ciamis selaku DanSatgas TMMD ke-118 Tahun 2023 Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P., M.I.Pol., menyampaikan laporan program TMMD selama satu bulan di Desa Kadupandak. Mulai dari laporan hasil sasaran fisik maupun non fisik selama satu bulan di Desa Kadupandak.

Setelah penyerahan berita acara dari TNI AD kepada Bupati Ciamis, Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi didampingi Dansatgas meninjau hasil pekerjaan sasaran fisik di Desa Kadupandak. Mulai dari pekerjaan jalan rabat beton, pembuatan sumur hingga pekerjaan pembangunan Rutilahu.

Kapoksahli Pangdam lll Siliwangi Brigjen Kuat Budiman S.I.P., yang datang meninjau langsung kegiatan penutupan TMMD ke 118 di Desa Kadupandak mengaku hasil pembangunan fasilitas infrastruktur sangat baik. Bahkan hasilnya luar biasa, lebih dari apa yang ditargetkan.

“Hasil dari kegiatan TMMD ke 118 ini saya akui luar biasa, hasilnya ini melebihi panggilan tugas. Contohnya pembangunan rutilahu untuk warga di sini (Desa Kadupandak,Red) hasilnya baik dan layak huni,” kata Brigjen Kuat Budiman.

Selain pembangunan rumah, Jenderal Bintang Satu ini juga mengatakan ada pembangunan sumur bor. Pembuatan sumur bor ini sangat diharapkan masyarakat karena kondisi saat warga kesulitan air bersih akibat musim kemarau.

“Persoalan saat ini kemarau dan sangat jarang hujan, sehingga diharapkan pembuatan sumur bor kedalaman 110 meter ini bisa membantu kebutuhan air untuk warga setempat. Komitmen kita, harus membantu menyelesaikan persoalan masyarakat,” katanya.

Brigjen Kuat Budiman berpesan, pembangunan ini tidak hanya dilakukan oleh TNI. Namun oleh semua unsur pemerintah dan masyarakat. “Kita berharap, apa yang kita perbuat ini bisa dipelihara bisa dimanfaatkan dan bisa dilanjutkan sehingga dampak manfaatnya akan semakin besar,” katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P., M.I.Pol., menuturkan, sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam program TMMD ke-118 Tahun 2023 Kodim 0613/Ciamis. Baik itu sasaran fisik maupun non fisik melaksanakan sejumlah kegiatan

“Untuk sasaran fisik sendiri, kami melaksanakan pekerjaan pembangunan jalan rabat beton, sanitasi air dan sumur bor, MCK, irigasi dan pembuatan dam, pengaspalan jalan, pembangunan TPT dan Rutilahu sebanyak 5 rumah serta program ketahanan pangan. Sedangkan sasaran non fisik kita berikan sosialisasi ke masyarakat,” katanya.

Dandim menegaskan pekerjaan sasaran fisik pihaknya bersama warga secara bergotong royong mengerjakan bersama. “Selama kegiatan kita bergotong royong bersama warga. Ini wujud nyata kemanunggalan TNI bersama Rakyat dalam percepatan dan pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.” katanya. (Feri)

Pos terkait