Presiden Jokowi Tunjuk Menteri Investasi Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Satgas Swasembada Gula dan Bioetanol di Merauke

DMTNews – Presiden Joko Widodo telah menunjuk Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) untuk mempercepat swasembada gula dan bioetanol. Langkah ini didasari oleh Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2024 tentang Satuan Tugas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Keputusan tersebut mengacu pada upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi gula dan bioetanol melalui kebijakan Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel). Salah satu target dari kebijakan ini adalah menambah lahan baru seluas 700 ribu hektare untuk perkebunan tebu.

Tugas utama Satgas ini termasuk memfasilitasi ketersediaan lahan yang sesuai untuk perkebunan tebu, mengkoordinasikan penyelesaian administrasi pertanahan, serta memberikan fasilitas investasi kepada pelaku usaha. Susunan Satgas tersebut mencakup Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Pertanian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri BUMN, dan Kepala Badan Karantina Indonesia.

Satgas ini akan segera mulai melaksanakan tugasnya sejak Keputusan Presiden ini ditetapkan pada 19 April 2024. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan kegiatan investasi perkebunan tebu yang terintegrasi dengan industri gula, bioetanol, dan pembangkit listrik biomassa di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *